KONSEP PERMINTAAN DAN PENAWARAN LENGKAP


Kali ni saya akan membahas tentang KONSEP PERMINTAAN DAN PENAWARAN , ini merupakan bahan ajar dari Pengantar Ilmu Ekonomi,
silahkan yang mau  copy aja, siapa tahu akan berguna bila anda kuliah nanti sebagai bekal jika anda memilih Fakultas Ekonomi, maka artikel ini cocok untuk anda sebagai perbendaharaan ilmu and.










  1. Pasar dan Persaingan
    • Pasar (market) adalah tempat bertemunya kekuatan permintaan dan penawaran untuk menentukan harga dan jumlah yang dijual/ dibeli.
    • Pasar kompetitif (competitive market) adalah pasar yang terdiri dari banyak sekali pembeli dan penjual sehingga penjual atau pembeli secara individual tidak dapat mempengaruhi harga pasar.
    • Persaingan: sempurna dan tidak sempurna.
    • Karakteristik persaingan sempurna à barang-barang yang ditawarkan serba sama, pembeli dan penjual sedemikian banyaknya sehingga tidak ada seorang pembeli atau penjual pun yang dapat mempengaruhi harga pasar.
  2. Permintaan
    • Istilah Permintaan (demand) dan Penawaran (supply) merujuk pada perilaku orang ketika mereka berinteraksi satu sama lain di sebuah pasar.
    • Permintaan: menggambarkan Jumlah barang yang ingin dan mampu dibeli oleh pembeli pada harga pasar.
       Faktor yang mempengaruhi Permintaan
Qx = f(Px, Py, I, T, E, Pop, Promosi)
       Px = harga barang X
       Py = harga barang lain (y) terkait
       I = Income
       T = Selera
       E = ekspektasi harga barang (x) yang akan datang
       Pop = populasi penduduk
Penjelasan:
  1. Harga barang itu sendiri.
       Mengikuti Hukum permintaan à kuantitas yang diminta menurun ketika harga sebuah barang meningkat dan sebaliknya. (dengan menganggap hal lainnya tetap -”ceteris paribus”).
       Kasus pengecualian dari Hukum Permintaan:
       Barang yang memiliki unsur spekulasi (emas, saham, tanah)
       Barang luxury atau prestise (mobil mewah, benda seni tinggi, benda kuno, dll sejenis).
       Barang giffen (harga turun permintaan turun) akibat efek (+) pendapatan lebih besar dari efek (+) substitusi.
  1. Harga barang lain yang berkaitan.
       Untuk barang substitusi à dua barang dimana peningkatan harga barang pertama mendorong peningkatan dalam permintaan terhadap barang kedua. Contoh: tiket KA dan jasa angkutan lain.
       Untuk barang komplemen à dua barang dimana peningkatan harga barang pertama mendorong penurunan dalam permintaan barang lainnya. Contoh: gula dan kopi; komputer dan softwarenya; bensin dan mobil.
  1. Pendapatan.
a.       Untuk Barang Normal, jika pendapatan meningkat akan mendorong peningkatan terhadap permintaan barang tersebut, dan sebaliknya dengan menganggap hal lainnya tetap.
b.      Sedangkan untuk Barang Inferior, jika pendapatan meningkat akan menimbulkan penurunan terhadap kuantitas barang yang diminta tersebut, dengan menganggap hal lainnya tetap. Contoh: kendaraan angkutan umum; warung nasi tegal.
  1. Selera
a.       Penentu yang paling jelas terhadap permintaan adalah selera. Jika anda menyukai suatu barang/makanan tertentu, maka anda akan membeli lebih banyak barang tersebut.
  1. Ekspektasi
a.       Ekspektasi atau perkiraan anda mengenai masa mendatang dapat mempengaruhi           permintaan anda terhadap barang atau jasa saat ini.
  1. Jumlah penduduk
  2. Promosi

Perubahan jumlah yang diminta vs Perubahan permintaan:
       Perubahan jumlah yang diminta terjadi sepanjang kurva (the move along curve) yang disebabkan oleh perubahan harga barang.
       Perubahan permintaan disebabkan oleh perubahan faktor lain selain harga, à terjadi pergeseran kurva naik atau turun (shifting curve)


  1. Penawaran
Penawaran: Jumlah barang yang ingin ditawarkan (dijual) produsen pada berbagai tingkat harga selama periode tertentu.
Faktor yang mempengaruhi penawaran:
  1. Harga-harga faktor produksi
  2. Harga barang terkait
  3. Harga barang itu sendiri (Px). Hukum Penawaran mengatakan bahwa dengan menganggap hal lainnya tetap, kuantitas barang yang ditawarkan akan meningkat ketika harga barang tersebut meningkat.
  4. Teknologi
  5. Ekspektasi

  1. Harga dan Kuantitas Keseimbangan
Harga keseimbangan (ekulibrium) adalah harga di mana baik konsumen maupun produsen sama-sama tidak ingin menambah atau mengurangi jumlah yang dikonsumsi dan dijual.Permintaan sama dengan penawaran. Jika harga di bawah harga keseimbangan, terjadi kelebihan permintaan. Sebaliknya jika harga melebihi harga keseimbangan, terjadi kelebihan penawaran. Jumlah penawaran meningkat, jumlah permintaan menurun.
Pada titik ekuilibrium, kuantitas yang diminta sama dengan kuantitas yang ditawarkan  à kuantitas yang ingin dibeli seseorang sama persis dengan kuantitas yang ditawarkan oleh produsen
Surplus (Kelebihan penawaran) : suatu keadaan dimana kuantitas yang ditawarkan lebih besar dari
pada kuantitas yang diminta
Kekurangan (shortage) = Kelebihan Permintaan : suatu keadaan dimana kuantitas yang diminta lebih besar daripada kuantitas yang ditawarkan
minta




Selesai juga tentang konsep penawaran dan permintaan ,semoga artikel ini bermanfaat.
terima kasih : Pak Samsuri

KONSEP PERMINTAAN DAN PENAWARAN LENGKAP KONSEP PERMINTAAN DAN PENAWARAN LENGKAP Reviewed by Andri 25 on Jumat, November 20, 2015 Rating: 5

3 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.