KONSEP PERMINTAAN DAN PENAWARAN LENGKAP
Kali ni saya akan membahas tentang KONSEP PERMINTAAN DAN PENAWARAN , ini merupakan bahan ajar dari Pengantar Ilmu Ekonomi,
silahkan yang mau copy aja, siapa tahu akan berguna bila anda kuliah nanti sebagai bekal jika anda memilih Fakultas Ekonomi, maka artikel ini cocok untuk anda sebagai perbendaharaan ilmu and.
- Pasar
dan Persaingan
- Pasar
(market) adalah tempat
bertemunya kekuatan permintaan dan penawaran untuk menentukan harga dan
jumlah yang dijual/ dibeli.
- Pasar
kompetitif (competitive market) adalah pasar yang terdiri dari
banyak sekali pembeli dan penjual sehingga penjual atau pembeli secara
individual tidak dapat mempengaruhi harga pasar.
- Persaingan:
sempurna dan tidak sempurna.
- Karakteristik
persaingan sempurna à
barang-barang yang ditawarkan serba sama, pembeli dan penjual sedemikian
banyaknya sehingga tidak ada seorang pembeli atau penjual pun yang dapat
mempengaruhi harga pasar.
- Permintaan
- Istilah
Permintaan (demand) dan Penawaran (supply) merujuk pada
perilaku orang ketika mereka
berinteraksi satu sama lain di sebuah pasar.
- Permintaan: menggambarkan Jumlah barang yang
ingin dan mampu dibeli oleh pembeli pada harga pasar.
• Faktor
yang mempengaruhi Permintaan
Qx = f(Px, Py, I,
T, E, Pop, Promosi)
• Px
= harga barang X
• Py
= harga barang lain (y) terkait
• I
= Income
• T
= Selera
• E
= ekspektasi harga barang (x) yang akan datang
• Pop
= populasi penduduk
Penjelasan:
- Harga
barang itu sendiri.
• Mengikuti
Hukum permintaan à
kuantitas yang diminta menurun ketika harga sebuah barang meningkat dan
sebaliknya. (dengan menganggap hal lainnya tetap -”ceteris paribus”).
• Kasus pengecualian dari Hukum Permintaan:
• Barang
yang memiliki unsur spekulasi (emas, saham, tanah)
• Barang luxury atau prestise (mobil mewah,
benda seni tinggi, benda kuno, dll sejenis).
• Barang
giffen (harga turun permintaan turun) akibat efek (+) pendapatan lebih besar
dari efek (+) substitusi.
- Harga barang lain yang berkaitan.
• Untuk
barang substitusi à
dua barang dimana peningkatan harga barang pertama mendorong peningkatan dalam
permintaan terhadap barang kedua. Contoh: tiket KA dan jasa angkutan lain.
• Untuk
barang komplemen à
dua barang dimana peningkatan harga barang pertama mendorong penurunan dalam
permintaan barang lainnya. Contoh: gula dan kopi; komputer dan softwarenya;
bensin dan mobil.
- Pendapatan.
a. Untuk
Barang Normal, jika pendapatan meningkat akan mendorong peningkatan terhadap
permintaan barang tersebut, dan sebaliknya dengan menganggap hal lainnya tetap.
b. Sedangkan untuk Barang Inferior,
jika pendapatan meningkat akan menimbulkan penurunan terhadap kuantitas
barang yang diminta tersebut, dengan menganggap hal lainnya tetap. Contoh:
kendaraan angkutan umum; warung nasi tegal.
- Selera
a. Penentu
yang paling jelas terhadap permintaan adalah selera. Jika anda menyukai suatu
barang/makanan tertentu, maka anda akan membeli lebih banyak barang tersebut.
- Ekspektasi
a. Ekspektasi
atau perkiraan anda mengenai masa mendatang dapat mempengaruhi permintaan anda terhadap barang atau jasa saat ini.
- Jumlah
penduduk
- Promosi
Perubahan jumlah
yang diminta vs Perubahan permintaan:
• Perubahan
jumlah yang diminta terjadi sepanjang kurva (the move along curve) yang disebabkan oleh perubahan harga barang.
• Perubahan
permintaan disebabkan oleh perubahan faktor lain selain harga, à terjadi pergeseran
kurva naik atau turun (shifting curve)
- Penawaran
Penawaran: Jumlah barang yang ingin ditawarkan (dijual)
produsen pada berbagai tingkat harga selama periode tertentu.
Faktor yang mempengaruhi penawaran:
- Harga-harga
faktor produksi
- Harga
barang terkait
- Harga
barang itu sendiri (Px). Hukum Penawaran mengatakan bahwa dengan
menganggap hal lainnya tetap, kuantitas barang yang ditawarkan akan
meningkat ketika harga barang tersebut meningkat.
- Teknologi
- Ekspektasi
- Harga
dan Kuantitas Keseimbangan
Harga keseimbangan (ekulibrium) adalah harga di mana baik
konsumen maupun produsen sama-sama
tidak ingin menambah atau mengurangi jumlah yang dikonsumsi dan
dijual.Permintaan sama dengan penawaran. Jika harga di bawah harga
keseimbangan, terjadi kelebihan permintaan. Sebaliknya jika harga
melebihi harga keseimbangan, terjadi kelebihan penawaran. Jumlah penawaran
meningkat, jumlah permintaan menurun.
Pada titik ekuilibrium, kuantitas yang diminta sama
dengan kuantitas yang ditawarkan à kuantitas yang ingin
dibeli seseorang sama persis dengan kuantitas yang ditawarkan oleh produsen
Surplus (Kelebihan penawaran) : suatu keadaan dimana
kuantitas yang ditawarkan lebih besar dari
pada kuantitas yang diminta
Kekurangan (shortage) = Kelebihan Permintaan : suatu
keadaan dimana kuantitas yang diminta lebih besar daripada kuantitas yang ditawarkan
minta
KONSEP PERMINTAAN DAN PENAWARAN LENGKAP
Reviewed by Andri 25
on
Jumat, November 20, 2015
Rating:
Thank gan
BalasHapusiya gan sama-sama semoga bermanfaat.
Hapussiip gan
Hapus